Monday, October 28, 2019

Tips Memenuhi Asupan Omega 3 Pada Anak

Tips Memenuhi Asupan Omega 3 Pada Anak


Anda tentunya sudah sering melihat iklan di televisi tentang produk multivitamin anak yang mengandung omega 3 sebagai kelebihan utamanya. Tetapi, apakah anda tahu kegunaan dari omega 3 ? dan darimana omega 3 bisa diperoleh ? Banyak sekali produk - produk di pasaran yang mengklaim bahwa produk mereka mengandung omega 3. Omega 3 sendiri merupakan salah satu jenis lemak tidak jenuh yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Sayangnya, tubuh tidak dapat memproduksi omega 3 dengan sendirinya, sehingga kebutuhan akan lemak jenis ini harus diperoleh melalui asupan makanan.

Omega 3 merupakan asam lemak tidak jenuh yang sangat bermanfaat bagi tubuh, terutama pada anak - anak. Hal ini dikarenakan anak - anak sedang berada dalam masa - masa pertumbuhan. Tidak hanya menyehatkan, asam lemak omega 3 juga dapat mendukung kemampuan kognitif anak. Omega 3 terdiri atas asam eicosapentaenoic (EPA), docosahexaenoic (DHA), serta asam alfa linolenat (ALA). Ketiga asam lemak tersebut sangat diperlukan untuk menjaga keseimbangan fungsi metabolisme dan kesehatan tubuh. Studi yang diterbitkan dalam rev paul pediatr pada tahun 2017 menemukan fakta bahwa asam omega 3 dapat meningkatkan fungsi kognitif anak, mempertajam indera penglihatan, memperkuat sistem imun, serta dapat menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Beberapa studi tentang asam lemak omega 3 juga menunjukkan bahwa kurangnya asupan omega 3 pada anak berpengaruh pada masalah perilaku dan gangguan pada otak. Asam lemak omega 3 sebenarnya sudah diperoleh anak sejak dalam kandungan. Anak mendapatkan nutrisi ini dari asupan asam lemak esensial yang dikonsumsi oleh ibunya. Berdasarkan institute of medicine, anak - anak yang berusia 1 - 3 tahun membutuhkan 700 mg omega 3 setiap harinya. Sementara, anak - anak yang berusia 4 - 8 tahun membutuhkan sekitar 900 mg omega 3 setiap hari. Jumlahnya akan meningkat menjadi 1000 mg setiap hari pada anak perempuan yang berusia 10 - 13 tahun dan 1200 mg per hari pada anak laki - laki.


Berikut ini merupakan beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk memenuhi asupan omega 3 pada anak, yaitu :

1. Utamakan asupan omega 3 dari makanan

Sekarang ini, banyak sekali suplemen omega 3 yang beredar di pasaran. Meskipun terlihat lebih praktis, anda sebaiknya memilih asupan omega untuk anak anda yang bersumber dari makanan. Hal ini karena selain mendapatkan asupan omega 3 yang cukup, anak anda juga mendapatkan berbagai zat gizi lain yang penting bagi pertumbuhan dan kesehatan seperti protein, karbohidrat, vitamin, dan berbagai zat gizi lainnya.

2. Pilihlah makanan yang mengandung omega 3

Umumnya, kita mengetahui bahwa asam lemak omega 3 berasal dari minyak ikan. Hal ini tidak sepenuhnya benar, karena ternyata tidak semua ikan mengandung omega 3.


Berikut ini merupakan beberapa makanan yang menjadi sumber omega 3, yaitu :
  • Ikan : Salmon, sarden, tuna, dan ikan kembung.
  • Makanan laut : tiram dan udang.
  • Kacang - kacangan : Kenari dan keledai.
  • Daging sapi.
  • Biji - bijian : Biji rami dan biji chia.

3. Hidangkan secara menarik


Anak umumnya memiliki sifat pemilih dalam hal makanan. Mereka hanya akan mengkonsumsi makanan yang menurut mereka menarik atau makanan yang memang mereka inginkan. Sebagai orang tua, tentunya kita harus mengolah makanan yang mengandung omega 3 dengan sekreatif mungkin dan dihidangkan dengan semenarik mungkin, supaya anak anda dapat makan dengan lahap dan kebutuhan omega 3-nya terpenuhi.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search